Artikel, Bisnis Online, Social Media

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis Anda

manfaat media sosial untuk bisnis anda

Tanpa diragukan lagi, media sosial memainkan peran yang cukup besar dalam kemajuan bisnis di era moderen ini. Seperti yang telah dilansir dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika kominfo.go.id tahun 2017, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 63 juta orang. Dari jumlah tersebut, 95 persen orang menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial dan semakin meningkat tiap harinya.

Media sosial bisa dipahami sebagai sarana penyebarluasan informasi dari mulut ke mulut hari ini. Referensi kata mulut ini akan lebih bisa diandalkan daripada iklan business-to-consumer. Facebook, Twitter, Google+, Instagram, adalah tempat dimana produk atau perusahaan Anda bisa berbicara dengan banyak orang.

Nah, apa manfaat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram untuk bisnis anda?

Menambah Kesadaran Merek

Media sosial membantu bisnis Anda meningkatkan kesadaran merek dengan biaya yang hampir tidak ada atau gratis. Meski gratis, yang kita maksud dengan itu adalah saat Anda mempromosikan di media sosial tanpa menggunakan iklan. Alasan untuk membangun brand dengan media sosial membutuhkan setidaknya energi, proses dan waktu yang tidak singkat.

Menjadi Lebih Dekat Dengan Konsumen

Media sosial adalah cara yang tepat untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Hubungan konsumen terbentuk sebelum, selama dan setelah konsumen menggunakan layanan mereka.

Membuat Riset Pasar

Media sosial membantu usaha kecil menemukan konsumen dan menemukan calon pelanggan. Kemudian Anda akan menemukan calon pelanggan yang bisa dihubungi sebagai bagian dari promosi bisnis Anda. Jika Anda ingin mencari konsumen dengan lokasi di dekat Anda, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan.

Dengan demikian, pengaruh social media pada e-business sangat penting terutama untuk alat promosi, tidak hanya aktivitas e-commerce bahkan sebagian dari e-commerce sekarang menggunakan media sosial. Media Sosial Pepatah sebagai sarana transmisi dalam e-business yang menghubungkan pelaku bisnis dengan konsumen.